Ternyata Faktor Usia Dan Tingkat Pendidikan Berpengaruh Terhadap Tingkat Keberhasilan Berwirausaha

Posted on

Berwirausaha masih ditakuti oleh sebagian orang karena dianggap bertaruh dengan pendapatan yang fluktuatif, kadang naik, kadang turun dan bisa saja bangkrut. Padahal tidak sedikit wirausahawan yang sukses, Bahkan kebanyakan orang kaya di Indonesia saat ini adalah wirausahawan. Berdasarkan data pada tahun 2009 pertumbuhan ekoaaaaanomi negeri ini berada pada angka 4,5%. Angka itu naik menjadi 6,1% pada tahun 2010 dan diperkirakan meningkat menjadi 6,4% tahun mendatang. Ini menunjukan bahwa keinginan untuk melakukan kegiatan berwirausaha semakin lama semakin meningkat.

Dalam berwirausaha faktor usia adalah faktor yang penting dalam keberhasilan berwirausaha, Menurut National Federation of Independent Businesess Washington, mengungkapkan bahwa umumnya pria memulai usaha sendiri ketika berumur 30 tahun dan wanita pada usia 35 tahun. Hurlock (1991) berpendapat bahwa perkembangan karier berjalan seiring dengan perkembangan manusia.

Ciri khas perkembangan karier menurut Hurlock adalah sebagai berikut:

  1. Usia dewasa awal (18 tahun sampai 40 tahun)Ketika seseorang masuk dalam masa dewasa awal yang memiliki tugas pokok yaitu memilih bidang pekerjaan yang cocok dalam bakat, minat dan faktor psikologis yang dimilikinya. Masih banyak orang dewasa muda yang bingung dengan pilihan kariernya, situasi seperti ini bisa juga terjadi dalam wirausaha. masa dewasa awal itu coba-coba untuk berkarier . Itulah sebabnya usia bisa berpengaruh pada tinggi rendahnya prestasi kerja mereka.
  2. Usia dewasa madya (usia 40 tahun sampai 60 tahun) masa dewasa madya bercirikan keberhasilan dalam pekerjaan. Prestasi puncak pada usia ini juga bisa berlaku bagi wirausaha.
  3. Usia dewasa akhir (usia di atas 60 tahun) pada masa ini orang mulai mengurangi kegiatan kariernya atau berhenti sama sekali. Mereka tinggal menikmati jerih payahnya selama bekerja dan mencurahkan perhatian pada kehidupan spiritual dan sosial.

Selain faktor usia tingkat keberhasilan berwirausaha juga dipengaruhi oleh faktor pendidikan, Pendidikan merupakan syarat keberhasilan bagi seorang wirausaha. Dalam penelitian terhadap sejumlah wirausaha, Bowen & Robert (dalam Staw, 1991) merangkum hasil penelitian tentang tingkat pendidikan wirausaha dan hasilnya dapat dilihat sebagai berikut:

Tingkat Pendidikan Wirausaha menurut Bowen & Robert

  1. Rockhaus (1982). Penemuan: Mengulas empat penelitian yang menyimpulkan bahwa wirausaha cenderung memiliki pendidikan yang lebih baik dari populasi umum, tetapi di bawah para manajer.
  2. Cooper & Dunkelberg (1984). Penemuan: Ditemukan bahwa tingkat pendidikan wirausaha dibawah universitas (64%).
  3. Gasse (1982). Penemuan: Mencatat dari empat studi di mana wirausaha memiliki pendidikan yang lebih baik daripada masyarakat umum.
  4. Jacobowitz & Vidler (1982). Penemuan: Hasil wawancara dengan 430 wirausaha menunjukkan bahwa mereka memiliki pendidikan yang kurang memadai, yaitu 30% drop-out dari Sekolah Menengah Atas. Hanya 11% lulus dari universitas 4 tahun.

Berdasarkan hasil rangkuman di atas, dapat disimpulkan bahwa faktor usia dan tingkat pendidikan merupakan salah satu faktor yang menunjang keberhasilan berwirausaha, dengan asumsi bahwa pendidikan yang lebih baik akan memberikan pengetahuan yang lebih baik dalam mengelola usaha.

Tinggalkan komentar